Artaku

Syarat & Ketentuan

SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNA ARTAKU

Terima kasih Anda telah mengakses situs atau mengunduh, menggunakan layanan, produk dan/atau aplikasi ArtaKu. Aplikasi ArtaKu adalah layanan aplikasi Financing Agent yang diterbitkan oleh PT Sarana Pasar Digital. Pada saat Anda mengakses, mengunduh, atau menggunakan aplikasi ArtaKu maka Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap Anda. Dengan melanjutkan mengakses, mengunduh atau menggunakan Aplikasi ArtaKu, Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan ini yang akan berlaku sebagai perjanjian antara Anda dengan Kami. Syarat dan Ketentuan ini juga berlaku setiap kali Anda menggunakan layanan aplikasi ArtaKu.

1. DEFINISI
  1. Kami adalah PT Sarana Pasar Digital selaku pemilik dan pengelola situs serta aplikasi ArtaKu.
  2. Anda adalah orang yang mengakses situs atau mengunduh aplikasi mobile dan menggunakan layanan dari aplikasi ArtaKu.
  3. Nomor Ponsel (Handphone) adalah nomor telepon seluler atau ponsel pintar (smartphone) yang digunakan oleh Pengguna untuk mengakses layanan ArtaKu di aplikasi ArtaKu.
  4. Pengguna adalah pengguna ArtaKu dan pemilik akses ArtaKu.
  5. BPR Client adalah Bank Perkreditan Rakyat yang menjadi mitra PT Sarana Pasar Digital dan menggunakan produk dari ArtaKu, selaku lembaga jasa keuangan yang memberikan layanan pinjaman.
  6. Perangkat Telekomunikasi adalah ponsel pintar, perangkat genggam, komputer pribadi berbentuk tablet atau perangkat telekomunikasi lainnya yang teknologinya mendukung layanan ArtaKu dan menggunakan Sistem Operasi (OS) Android dan IOS termasuk sistem operasi lain yang akan ada di masa mendatang yang memungkinkan Pengguna untuk menggunakan layanan ArtaKu.
  7. PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi bagi Pengguna untuk melakukan aktivitas di ArtaKu. PIN merupakan kumpulan dari karakter-karakter yang digunakan oleh Pengguna aplikasi ArtaKu untuk mendukung aktivitas penggunaan produk pada aplikasi ArtaKu.
  8. Produk adalah layanan yang dapat dilakukan oleh Pengguna melalui layanan ArtaKu yaitu layanan pengajuan pinjaman.
  9. Telepon Genggam adalah telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (handphone) yang merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar seperti telepon konvensional namun dapat dibawa (mobile/portable) dan tidak memerlukan jaringan menggunakan kabel (nirkabel wireless).
2. REGISTRASI AKUN
  1. Anda dapat membuat akun ArtaKu: dengan menyampaikan permintaan registrasi kepada Kami. Anda perlu memberikan informasi yang valid, akurat, dan terbaru tentang diri Anda saat membuat akun ArtaKu.
  2. Anda perlu memahami bahwa detil informasi log-in Anda adalah rahasia dan karenanya Anda tidak akan mengungkapkan detil informasi log-in Anda kepada pihak ketiga manapun, termasuk password rahasia dan/atau kode verifikasi berupa Kode Sandi Sekali Pakai (One Time Password/OTP) yang dikirimkan melalui Layanan Pesan Singkat (Short Messaging Service/SMS) ke nomor telepon terdaftar Anda setiap kali ada percobaan log-in ke akun Anda Password rahasia dan/atau kode verifikasi (termasuk OTP) hanya akan secara resmi diminta melalui dan hanya akan Anda kirim ke aplikasi ArtaKu, Kami atau petugas Kami tidak pernah menanyakan password dan/atau kode verifikasi (termasuk OTP) rahasia dengan cara apapun. Anda setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi log-in Anda kepada pihak ketiga manapun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut. Setiap penyampaian OTP yang diverifikasi dari akun Anda saat log-in melalui aplikasi ArtaKu akan dianggap sebagai log-in resmi.
  3. Untuk menghindari penyalahgunaan apapun atas akun ArtaKu Anda, Kami dapat menghentikan layanan ArtaKu apapun jika dokumen atau informasi yang Kami minta dari Anda tidak akurat, tidak sah dan/atau tidak lengkap.
  4. Registrasi akun ArtaKu hanya dapat dilakukan oleh Anda sendiri sebagai subjek hukum. Anda menyatakan dan menjamin bahwa registrasi akun ArtaKu Anda ditujukan oleh Anda untuk kepentingan Anda sendiri, bukan untuk kepentingan pihak lainnya manapun, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun. Kami berhak menolak registasi yang Anda lakukan atas akun ArtaKu untuk kepentingan pihak manapun selain Anda, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun.
  5. Setiap data yang dikirimkan Anda kepada Kami untuk pendaftaran akun adalah data Anda sendiri. Setiap permintaan dari setiap akun akan dianggap sebagai permintaan yang sah dari akun tersebut.
3. PRODUK
  1. Kami menyediakan layanan pengajuan pinjaman sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sudah disepakati antara Kami dan BPR Client.
  2. Layanan yang Kami berikan merupakan wadah yang perlu Anda lengkapi seluruh persyaratannya yang kemudian akan diinformasikan kepada BPR Client yang sudah Anda pilih sendiri dengan kesadaran dan tanpa paksaan.
  3. Segala keputusan dari pengajuan pinjaman dana Anda ditentukan oleh BPR Client yang sudah Anda pilih dan tidak ada campur tangan dari Kami.
  4. Kami berhak untuk menampilkan, menambahkan, mengubah, menghapus, dan atau menghilangkan segala konten yang ditampilkan pada situs dan aplikasi ArtaKu.
4. INFORMASI PRIBADI
  1. Anda setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan, dan penyerahan data yang Anda sampaikan kepada Kami, dan data yang Kami kumpulkan sehubungan dengan registrasi akun, harus tunduk pada kebijakan privasi yang berlaku dalam aplikasi ArtaKu (“Kebijakan Privasi Kami”).
  2. Anda setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan, dan penyerahan data yang Anda sampaikan kepada Kami, dan data yang Kami kumpulkan sehubungan dengan penggunaan produk untuk disampaikan guna dikonsumsi dan disimpan oleh mitra Kami tanpa campur tangan Kami, harus tunduk pada kebijakan privasi yang berlaku dalam aplikasi ArtaKu (“Kebijakan Privasi Kami”).
  3. Anda memahami bahwa ketika Anda melakukan pendaftaran akun ArtaKu Anda, dan/atau mengakses ArtaKu, Anda mengungkapkan data dan informasi pribadi Anda kepada Kami. Anda juga setuju bahwa akan ada pengungkapan data atau informasi pribadi Anda antara ArtaKu dan pihak-pihak tersebut untuk mendukung layanan Kami kepada Anda.
  4. Anda memahami bahwa ketika Anda menggunakan produk ArtaKu, mengungkapkan data dan informasi pribadi Anda ke mitra Kami. Anda memahami bahwa berbagai data ini diperlukan untuk mendukung dan meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan fitur ArtaKu dan dengan ini Anda menyetujui pendistribusian data tersebut.
  5. Penyampaian dokumen atau informasi kepada Kami, termasuk namun tidak terbatas pada dokumen atau informasi saat registrasi atau saat memberikan komentar pada layanan Kami di halaman ulasan, merupakan persetujuan Anda atas pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan oleh Kami atas informasi pribadi yang Anda sampaikan, sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  6. Kami tidak akan mengungkapkan informasi pribadi Anda kepada pihak manapun, kecuali sebagaimana yang diizinkan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Kebijakan Privasi Kami.
5. PERSETUJUAN
  1. Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang sah secara hukum untuk terikat dalam perjanjian berdasarkan hukum Republik Indonesia, secara khusus terikat dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Anda mengesampingkan setiap hak berdasarkan hukum untuk membatalkan atau mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Anda berikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini pada waktu Anda dianggap oleh hukum telah dewasa.
  3. Kami perlu Anda mengerti bahwa penggunaan akun ArtaKu dan/atau layanan ArtaKu Anda merupakan tanggung jawab pribadi Anda. Jangan memberi akses atau membiarkan orang lain untuk mengakses akun ArtaKu Anda. Anda setuju bahwa setiap perintah tindakan yang dibuat melalui akun ArtaKu Anda akan dianggap telah diotorisasi oleh Anda dan oleh karenanya merupakan perintah dari Anda. Kami tidak bisa dan tidak akan bisa dimintakan pertanggungjawaban atas setiap kerugian atau klaim yang timbul karena penggunaan Anda atas akun ArtaKu dan/atau layanan ArtaKu yang dilakukan dengan melanggar Syarat dan Ketentuan ini.
6. OTENTIKASI
  1. Sebagai bagian dari upaya Kami untuk menjaga keamanan akun ArtaKu Anda, Anda perlu untuk mendaftarkan enam digit angka sebagai kode Nomor Identifikasi Pribadi (Personal Identification Number/PIN) untuk otentikasi akun ArtaKu Anda.
  2. Kode Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) Anda akan diperlukan untuk penggunaan produk dan/atau pemanfaatan fitur-fitur tertentu yang Kami tetapkan.
  3. Anda wajib untuk menjaga kerahasiaan kode Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) Anda. Kerugian yang timbul akibat kegagalan Anda untuk menjaga kerahasiaan kode Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) Anda merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya. Setiap pengiriman Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) yang diverifikasi dari akun Anda akan dianggap sebagai aktivitas yang sah.
  4. Untuk mengatur ulang Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) atau metode otentikasi lain yang berlaku, Anda perlu melakukan verifikasi dengan memasukan Kode Sandi Sekali Pakai (One Time Password/OTP), yang dikirim melalui Layanan Pesan Singkat (SMS) ke nomor telepon Anda yang terdaftar. Kami dan Staf Kami tidak pernah menanyakan Kode Sandi Sekali Pakai (OTP) ini. Anda setuju untuk menanggung semua risiko yang terkait dengan pengungkapan Kode Sandi Sekali Pakai (OTP) ini kepada pihak ketiga mana pun dan untuk sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap konsekuensi yang terkait dengan hal tersebut.
  5. Faktor otentikasi yang dapat dikenali dapat disimpan dan diverifikasi oleh Kami atau oleh pihak ketiga (seperti perangkat Anda, sesuai izin Anda). Setiap klaim yang terkait dengan penyimpanan dan/atau verifikasi faktor yang dapat dikenali oleh pihak ketiga (seperti perangkat Anda) bukan merupakan tanggung jawab kami. Namun demikian, Kami akan melakukan usaha yang wajar untuk meminimalisir risiko yang dapat kami identifikasi, yang mungkin timbul atas aktivasi dan/atau penggunaan faktor otentikasi.
7. PEMBLOKIRAN AKUN DAN PENONAKTIFAN AKSES
  1. Atas permintaan Anda, Kami akan memblokir akun ArtaKu Anda dan penggunaan layanan ArtaKu dengan akun ArtaKu Anda. Selain itu, jika menurut pertimbangan Kami, terjadi hal-hal yang merugikan dan/atau dapat merugikan Kami atau Anda atau pihak ketiga lainnya, Kami juga akan melakukan pemblokiran tersebut. Namun demikian, kami menyediakan jalur pengajuan keluhan bagi Anda sesuai ketentuan di bawah.
  2. Pemblokiran akun dapat terjadi termasuk karena, namun tidak terbatas pada, kejadian-kejadian berikut ini:
    1. Laporan Anda bahwa telepon selular Anda hilang atau telah dicuri atau diretas.
    2. Perintah pemblokiran yang diterbitkan oleh institusi pemerintah atau moneter atau berdasarkan perintah pengadilan.
    3. Kebijakan Privasi Kami dalam Penggunaan akun ArtaKu dan/atau layanan ArtaKu Anda sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada penipuan, penggunaan dokumen palsu.
    4. Alasan lain yang merugikan Anda atau Kami, termasuk tindakan kasar dan tindakan penipuan.
  3. Jika akun ArtaKu Anda diblokir dan Anda memiliki bukti yang kuat bahwa tidak ada hal mencurigakan yang terjadi, Anda dapat mengajukan keluhan Anda sesuai dengan yang tertera pada Syarat dan Ketentuan ini. Setelah memeriksa keluhan Anda, kami dapat menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pemblokiran akun ArtaKu Anda. Pemblokiran tidak akan diteruskan secara tidak wajar apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pemblokiran telah berakhir.
8. PENUTUPAN AKUN
  1. Penutupan Akun ArtaKu Anda hanya dapat dilakukan oleh Kami dan ditutup karena hal-hal sebagai berikut:
    1. Permintaan oleh Anda.
    2. Kebijakan Kami berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    3. Keadaan kahar terjadi selama 3 (tiga) bulan atau lebih secara berturut-turut; dan/atau
    4. Alasan lain sehubungan dengan pemblokiran akun.
  2. Penutupan Akun ArtaKu tidak berpengaruh terhadap pinjaman aktif Anda di BPR Client. Pengaruh yang dimaksud yaitu pinjaman aktif tidak menjadi lunas jika akun Anda ditutup.
9. PENGHAPUSAN DATA

Penghapusan data yaitu penghapusan data Anda terkait penggunaan produk dari ArtaKu dan hanya bisa dilakukan oleh BPR Client yang Anda pilih untuk layanan pengajuan pinjaman. Penghapusan data dapat dilakukan karena hal-hal sebagai berikut:

  1. Permintaan oleh Anda.
  2. Kebijakan BPR Client berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Keadaan kahar terjadi selama 3 (tiga) bulan atau lebih secara berturut-turut; dan/atau
  4. Alasan lain sehubungan dengan pemblokiran akun.
10. TANGGUNG JAWAB DAN KEWAJIBAN ANDA

Sebagai tambahan dari tanggung jawab Anda yang diatur dalam bagian lain dari Syarat dan Ketentuan ini, Anda bertanggung jawab atas:

  1. Keamanan dan kepemilikan telepon seluler atau perangkat lainnya dari Anda yang digunakan untuk mengakses akun ArtaKu Anda termasuk dengan secara wajar menjaga dan menyediakan sumber penyimpanan yang cukup untuk mencegah kegagalan atau gangguan atas setiap proses layanan ArtaKu yang disebabkan oleh kegagalan fungsi telepon seluler atau perangkat lainnya dari Anda.
  2. Kemanan dan validitas nomor telepon seluler Anda yang Anda daftarkan untuk mengakses akun ArtaKu, karenanya Kami tidak bertanggung jawab atas setiap klaim yang timbul jika nomor telepon seluler yang Anda daftarkan dikuasai oleh pihak lain, menjadi tidak aktif berdasarkan kebijakan perusahaan telekomunikasi dan/atau menjadi terbengkalai.
  3. Kerahasiaan Kode Sandi Sekali Pakai (OTP) yang dikirim kepada Anda dan/atau Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) yang ditetapkan oleh Anda.
  4. Setiap kerugian, klaim, tuntutan dan/atau biaya yang timbul, termasuk dari pihak lain kepada Kami, yang timbul karena pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini, kelalaian Anda dalam menggunakan akun ArtaKu, layanan ArtaKu, termasuk namun tidak terbatas pada yang dikarenakan oleh ketidakhati-hatian dalam bertindak, kecerobohan atau penyalahgunaan akun ArtaKu dan/atau layanan ArtaKu oleh Anda atau pihak lain yang menggunakan akun ArtaKu Anda.
  5. Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan a) Sistem atau Aplikasi (atau bagian manapun dari Sistem atau Aplikasi) tidak stabil, terganggu, tidak berjalan dengen abaik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki bebrapa bug, dan/atau b) Layanan (atau fitur-fitur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan Klaim kepada Kami.
  6. Anda dengan ini setuju mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
    1. Penggunaan Data oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ktentuan ini.
    2. Pemberian Data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Aplikasi ArtaKu yang Anda lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau perundang-undangan yang berlaku (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar kontrak kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau asset Anda terikat.
    3. Penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
  7. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari klaim Anda atas ketentuan “Tanggung Jawab dan Kewajiban Anda” ini (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan Klaim tersebut).
11. TANGGUNG JAWAB KAMI
  1. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung dan immateril, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami.
  2. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami karena kesalahan Anda atau pihak ketiga selain Kami.
  3. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang terjadi karena legalitas barang dan/atau layanan yang disediakan dalam mitra Kami, juga keselamatan dan keamanan kegiatan Anda yang terjadi di mitra Kami.
  4. Kami hanya bertanggung jawab atas kerugian langsung, yakni jumlah yang senyatanya dibayar, yang timbul atau sehubungan dengan penggunaan akun ArtaKu Anda, yang dapat dibuktikan terjadi karena kesalahan Kami atau pelanggaran Kami atas Syarat dan Ketentuan ini.
  5. Layanan disediakan dalam kondisi “as is” atau “apa adanya”. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan layanan Aplikasi ArtaKu. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
    1. Penggunaan Aplikasi ArtaKu (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu, atau bebas dari kesalahan, gangguan virus atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya.
    2. Aplikasi ArtaKu dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat (baik perangkat keras maupun lunak) atau sistem pihak lain yang tidak kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian Aplikasi ArtaKu.
    3. Penyedia aplikasi ArtaKu atau kelancaran layaran atau penggunaan akun ArtaKu akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda
    4. Setiap data pengguna yang Kami simpan atau tersimpan dalam Aplikasi ArtaKu dan sistem penunjangnya adalah akurat atau benar
    5. Kualitas layanan atau aplikasi ArtaKu akan memenuhi persayarat atau harapan Anda; dan
    6. Tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari Aplikasi ArtaKu dan sistem penunjangnya.
  6. Kami dalam kondisi apapun tidak bertanggung jawab atas segala klaim dari pihak manapun termasuk Anda maupun atas kerugian Anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan:
    1. Kehilangan data.
    2. Kehilangan pendapatan, keuntungan, atau pemasukan lainnya.
    3. Kehilangan, kerusakan atau cedera yang timbul dari, atau sehubungan dengan penggunaan Anda atas Aplikasi atau atas ketidaknyamanan atau kesalahan Anda dalam menggunakan Aplikasi; atau
    4. Tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Anda yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Anda, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada Kami, kecuali jika kerugian tersebut akibat kesalahan Kami yang disengaja atau kelalaian Kami.
  7. Kami tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun apabila mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan akun anda. Termasuk namun tidak terbatas pada kode OTP dan PIN yang Anda gunakan untuk login dan mengakses akun Anda dan layanan-layanan Kami. Dengan ini Anda membebaskan Kami, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen dan/atau mitra Kami, dari setiap tuntutan, gugatan ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun anda.
12. GANTI RUGI

Dengan mendaftar dan menggunakan akun ArtaKu dan layanan ArtaKu, Anda setuju untuk membebaskan Kami, pihak yang memberi lisensi kepada Kami, mitra Kami dan setiap pegawai, direktur, komisaris, karyawan, wakil dan agen Kami, dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim, biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab dan pengeluaran (termasuk biaya advokat) yang timbul atau sehubungan dengan:

  1. Pelanggaran Anda atas Syarat dan Ketentuan ini atau ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang direferensikan atau yang tidak direferensikan dalamSyarat dan Ketentuan ini.
  2. Pelanggaran Anda atas hak pihak ketiga lainnya sehubungan dengan ArtaKu dan/atau layanan ArtaKu.
  3. Setiap penggunaan atau penyalahgunaan ArtaKu dan/atau layanan ArtaKu oleh Anda atau pihak lain menggunakan akun Anda.
  4. Setiap kesalahan yang dilakukan oleh pihak selain Kami, baik yang disengaja maupun berupa kelalaian; atau
  5. Pemblokiran akun ArtaKu Anda berdasarkan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

Ketentuan ganti rugi ini akan tetap berlaku walaupun akun ArtaKu Anda ditutup.

13. PERMASALAHAN DAN KELUHAN
  1. Kami melakukan usaha terbaik untuk menjaga keamanan sistem, termasuk sistem pencatatan aktivitas Anda secara elektronik di server Kami. Data dan/atau sejarah aktivitas yang dicatat di sistem Kami merupakan data dan/atau sejarah aktivitas, dan data pengguna yang final dan mengikat Kami dan Anda. Tidak mencangkup data pengajuan pinjaman yang mengikat Anda dan BPR Client.
  2. Kami memberlakukan standar keamanan yang wajar untuk melindungi data Anda yang sedang dalam proses pengiriman, ketika disimpan dan penggunaan Anda atas akun ArtaKu dan/atau layanan ArtaKu. Meskipun demikian, Kami hendak menekankan kepada Anda bahwa tidak ada sistem yang tidak dapat ditembus dan hal ini dapat berakibat pada meningkatnya risiko atas informasi Anda dan penggunaan Akun ArtaKu dan/atau Layanan ArtaKu. Oleh karenanya, sejauh dimungkinkan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda setuju untuk melepaskan Kami dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, kerusakan, gangguan, bentuk lain dari gangguan sistem yang diakibatkan oleh pihak selain kami atau akses tanpa otorisasi yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan itikad tidak baik. Kami menganjurkan Anda untuk memberitahu Kami segera jika Anda mengalami gangguan sistem apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga Kami dapat berusaha memperbaiki gangguan tersebut.
  3. Anda setuju untuk tidak merusak, mengubah atau memodifikasi sistem ArtaKu atau mencoba merusak, mengubah atau memodifikasinya dengan cara apapun.
  4. Jika telepon seluler dan/atau perangat lainnya dari Anda hilang, dicuri dan/atau diretas, mohon segera memberitahu Kami melalui akun surat elektronik yang terdaftar di akun ArtaKu Anda atau melalui telepon ke Customer Service ArtaKu. Jika terjadi aktivitas setelah telepon seluler dan/atau perangkat lainnya Anda hilang, dicuri dan/atau diretas, namun Anda belum memberitahukan kepada Kami dengan cara demikian, maka aktivitas yang terjadi dianggap sah.
  5. Jika Anda memiliki pertanyaan, permintaan, keluhan atau kepentingan penyampaian informasi apapun terkait fitur ArtaKu, Anda dapat menyampaikannya melalui surat elektronik ke alamat cs@artaku.id atau telepon ke 0811266722 (CS1) atau 0811399766 (CS2).

Untuk merespon pertanyaan atau keluhan Anda, Kami akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas data Anda. Kami berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau keluhan, jika data Anda tidak sesuai dengan data yang tertera di sistem Kami. Kami akan memeriksa atau melakukan verifikasi keluhan Anda dan menyampaikan respon Kami sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di perusahaan Kami setelah memperoleh penyampaian keluhan yang lengkap dari Anda.

14. KEADAAN KAHAR (FORCE MAJEURE)

Layanan Kami dapat diinterupsi oleh kejadian atau hal tertentu di luar kewenangan dan kontrol Kami (Keadaan Kahar), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan hal-hal lainnya yang di luar kewenangan dan kontrol Kami. Anda oleh karenanya setuju untuk melepaskan Kami dari setiap klaim, jika Kami tidak dapat memenuhi instruksi Anda melalui akun ArtaKu baik sebagian maupun seluruhnya karena Keadaan Kahar.

15. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

ArtaKu, termasuk nama dan logonya, kode, desain, teknologi, model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia. Kami (dan pihak yang memperoleh lisensi dari Kami, jika berlaku) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas ArtaKu, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual yang berhubungan dengannya. Syarat dan Ketentuan ini tidak dan dengan cara apapun tidak akan dianggap sebagai pemberian izin kepada Anda untuk menggunakan setiap hak kekayaan intelektual Kami sebagaimana disebutkan di atas. Anda tidak diperkenankan (i) menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi sistem ArtaKu (termasuk fitur-fitur Layanan di dalamnya) yang dilisensikan kepada Anda, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan ini, (ii) memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak ketiga dan / atau perangkat lunak dengan cara; (iii) menciptakan “link” internet atau “frame” atau “mirror” setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet; (iv) merekayasa ulang atau mengakses perangkat lunak Kami untuk (a) membangun produk atau layanan tandingan, (b) membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis sejenis, atau (c) menyalin ide, fitur , fungsi atau grafis, (v) meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm, atau segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, atau menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja aplikasi, (vi) menggunakan robot, spider, pencarian situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, “tambang data” (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari aplikasi atau isinya; (vii) menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Kami miliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang melisensikan hak-nya kepada Kami, (viii) menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam sistem ArtaKu.

16. TIDAK ADA PENGESAMPINGAN

Pengesampingan Kami atau penundaan atau kegagalan Kami dalam mengajukan klaim atas pelanggaran ketentuan manapun dalam Syarat dan Ketentuan ini atau untuk melaksanakan setiap hak yang disediakan dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak akan dianggap sebagai pengesampingan sehubungan dengan pelanggaran substansial atas setiap ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

17. PENGALIHAN

Anda menjamin bahwa penggunaan akun ArtaKu hanya digunakan oleh Anda dan untuk kepentingan Anda sendiri sebagai pemegang akun sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini. Anda tidak boleh mengalihkan hak Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami. Jika ada pihak lain yang menggunakan akun Anda dan/atau jika ada pihak lain yang bertindak sebagai penerima manfaat akun Anda selain Anda, maka Anda wajib melaporkan kepada Kami melalui cs@artaku.id. Jika tidak ada pelaporan dari Anda mengenai pihak lain sebagai penerima manfaat maka Anda memberikan jaminan bahwa Anda adalah satu – satunya penerima manfaat dari Akun Anda.

18. KETERPISAHAN

Jika ketentuan apapun dalam Syarat dan Ketentuan ini dinyatakan ditentukan sebagai ketentuan yang tidak sesuai dengan hukum, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, secara seluruh ataupun sebagian, berdasarkan peraturan atau prinsip hukum manapun, bahwa ketentuan atau sebagian daripadanya, sejauh hal tersebut tidak sesuai dengan hukum, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, akan dianggap bukan merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan ini namun demikian legalitas, validitas atau pelaksanaan dari ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan ini tidak akan terpengaruh.

19. PERUBAHAN

Syarat dan Ketentuan ini, sebagian atau seluruhnya, termasuk setiap fitur atau layanan yang ditawarkan dalam akun ArtaKu, dapat dimodifikasi, ditambahkan, atau diubah dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan Kami sendiri dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Anda. Penggunaan Anda secara berkelanjutan atas ArtaKu setelah modifikasi, variasi dan/atau perubahan atas Syarat dan Ketentuan merupakan persetujuan dan penerimaan Anda atas modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut. Jika Anda ingin menolak modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut, maka Anda harus berhenti mengakses atau menggunakan ArtaKu dan/atau layanan kami. Penggunaan Anda atas akun ArtaKu dan/atau layanan ArtaKu menandakan persetujuan Anda untuk tunduk pada (i) Syarat dan Ketentuan ini; (ii) kebijakan privasi; dan (iii) setiap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

20. HUBUNGI KAMI

Untuk setiap masalah yang berkaitan dengan Aplikasi ArtaKu dan/atau akun Anda, atau pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan ini Anda dapat meminta bantuan pada Contact Center atau Layanan pengguna ArtaKu (dengan menyertakan bukti pendukung) melalui:

Telepon: 0811266722 (CS1) atau 0811399766 (CS2)
Email: cs@artaku.id
Facebook: ArtaKu
IG: ArtaKu | @artaku.id
LinkedIn: ArtaKu
Twitter: ArtaKu | @ArtaKu_Ind
× How can I help you?